10 Tanda Hari Kiamat Besar (Kubra) dalam Islam

10 Tanda Tanda Hari Kiamat Besar, Hari Kiamat yaitu hari berakhirnya semua kehidupan baik kehidupan didunia maupun kehidupan di langit. Dalam Islam Kiamat menyerupai ini disebut Kiamat Kubro (Besar)  ada beberapa tanda tanda yang muncul menjelang terjadinya kiamat Besar. Manusia kembali lagi pada masa jahiliyah dan melaksanakan banyak sekali kemaksiatan dan tindakan keji. Berbagai fitnah-pun bermunculan.

Dalam Hadits Nabi


Diriwayatkan dari Sahabat Hudzaifah bin Usaid Al Ghifari ia berkata: Rasulullah SAW memperhatikan kami sewaktu kami sedang berbincang. Beliau bertanya, Apa yang sedang kalian perbincangkan? Mereka menjawab, Kami berbincang ihwal hari kiamat. Beliau bersabda, Sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi sehingga kau melihat 10 tanda. Lalu dia menyebut asap, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari daerah tenggelamnya (Barat), turunnya Nabi Isa, Ya'juj dan Ma'juj, tiga longsor besar, longsor di Timur, longsor di Barat, dan longsor di semenanjung Arab. Yang terakhir yaitu keluarnya api yang keluar dari Yaman yang akan menggiring insan ke daerah mahsyar mereka. (HR. Muslim)

Tanda-tanda Hari Kiamat Kubra
10 Tanda Hari Kiamat Kubra (Besar) dalam Islam

Tanda Tanda Hari Kiamat Menurut Islam


Tanda kahir zaman atau kiamat menurut islam sudah dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadist diatas. Beliau menyebutkan ada 10 tanda antara lain yaitu asap, dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa, Ya'juj dan Ma'juj, longsor besar, keluarnya Api. Nah untuk lebih jelasnya mengenai tanda-tanda kiamat ini akan dijelaskan pada episode bawah ini.

Adapun tanda-tanda terjadinya kiamat kubro (kiamat besar) yaitu berupa peristiwa besar yang kemunculannya merupakan hal yang tidak biasa terjadi. Dan tanda-tanda tersebut telah terjadi  jauh sebelum hari kiamat tersebut tiba.

1. Diutusnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam

Al- Hafiz Ibnu Katsir berkata :
فبعثة رسول الله صلى الله عليه وسلم من أشراط الساعة ؛ لأنه خاتم الرسل الذي أكمل الله تعالى به الدين وأقام به الحجة على العالمين ، وقد أخبر صلى الله عليه وسلم بأمارات الساعة وأشراطها ، وأبان عن ذلك وأوضحه بما لم يؤته نبي قبله
Artinya:
“Diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam termasuk tanda kiamat. Karena dia yaitu penghujung para rasul. Dengan beliau, Tuhan sempurnakan agama dan Tuhan tegakkan hujjah kepada seluruh alam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga telah mengabarkan akan tanda-tanda kiamat. Beliau jelaskan kejadian-kejadian yang belum dijelaskan nabi sebelumnya.”

2. Terbelahnya bulan

Allah SWT berfirman :
اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ
Artinya “Telah akrab kiamat dan bulan telah terbelah.” (QS. Al-Qomar ayat 1)
Peristiwa terbelahnya bulan sebetulnya telah terjadi di zaman Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam, sebagai salah satu mu’jizat yang diberikan Tuhan SWT kepada Beliau Sholallahu Alaihi Wassalam.

3. Adanya tiupan sangkakala

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ
Artinya:
Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az- Zumar ayat 68)

4. Kemunculan Dajjal

Tanda tanda kiamat yang paling banyak umat muslim ketahui yaitu Dajjal. Dajjal merupakan sosok makhluk yang terlalu sering mendusta dan menipu, ia mengaku-ngaku sebagai Tuhan, serta dengan segala upaya ia berusaha untuk melepaskan insan dari agamanya. Dajjal juga menjadikan banyak sekali fitnah serta bencana alam bagi umat manusia. Dajjal berkuasa di bumi selama 40 hari dan mengunjungi setiap negara kecuali mekkah dan Madinah, dan dajjal menjadikan kerusakan di mana-mana.

5. Diutusnya Nabi Isa Alaihissalam oleh Tuhan SWT

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, menyatakan bahwa alasannya fitnah dan bencana alam yang diakibatkan oleh ulah Dajjal, maka Tuhan SWT mengutus Nabi Isa Alaihissalam untuk membunuh dajjal. Akhirnya dajjal terbunuh di sebuah desa akrab Baitul Maqdis, di Palestina yang berjulukan episode lud.

6. Kemunculan Ya’juj dan ma’jud

Kemunculan Ya’juj dan ma’jud yang menjadi salah satu tanda akan datangnya kiamat kubro sebagaimana firman Tuhan SWT dalam Al-Qur’an Surat Al- Anbiya’ ayat 96-97 :
حَتَّى إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ. وَاقْتَرَبَ الْوَعْدُ الْحَقُّ فَإِذَا هِيَ شَاخِصَةٌ أَبْصَارُ الَّذِينَ كَفَرُوا يَاوَيْلَنَا قَدْ كُنَّا فِي غَفْلَةٍ مِنْ هَذَا بَلْ كُنَّا ظَالِمِينَ
Artinya:
Hingga apabila dibukakan (dinding) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh daerah yang tinggi. Dan telah dekatlah datangnya kesepakatan yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami dalam kelalaian ihwal ini, bahkan kami yaitu orang-orang yang dzalim.”

7. Terbitnya matahari dari arahnya terbenam

Hal ini sebagaimana sabda Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang artinya:
 Belum akan tiba kiamat melainkan matahari akan terbit dari Barat. Jika terbit dari Barat maka seluruh umat insan akan beriman. Pada ketika itu tidak bermanfaat lagi doktrin seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.”

8. Melimpahnya harta benda yang dimiliki manusia

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda:
 Belum akan tiba kiamat sehingga harta banyak dan melimpah, dan orang ke luar membawa zakat hartanya tetapi tidak ada yang mau menerimanya, dan negeri-negeri Arab kembali menjadi rerumputan hijau dengan sungai-sungai mengalir.” (HR. Muslim)

9. Jaman yang saling mendekat

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda, yang artinya:
 Saat akan tiba kiamat, jaman saling mendekat. Satu tahun menyerupai sebulan, sebulan menyerupai seminggu, seminggu menyerupai sehari, sehari menyerupai satu jam dan satu jam menyerupai menyalakan kayu dengan api.” (HR. Tirmidzi)

10. Terjadinya peperangan di antara umat muslim dan kaum yahudi

Hal ini sebagaimana hadist Nabi Sholallahu Alaihi Wassalam yang artinya:
Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka hingga ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah watu dan pohon, ‘Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia.’ Kecuali pohon Gharqad alasannya ia yaitu pohon Yahudi.” (HR Muslim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watak-watake Punakawan Bahasa Jawa

Cara Mencangkok, Menempel dan Menyambung Tanaman

20 sifat wajib dan mustahil bagi allah