Kapan Malam Nisfu Syaban?

Kapan Malam Nisfu Syaban?,  Banyak masyarakat Muslim tanah air yang dikala ini masih bertanya-tanya mengenai kapan jatuhnya Malam Nisfu Syaban yang mana pada malam ini, semua buku amal manisia ditutup dan di ganti dengan buku amal yang baru.

Kapan Malam Nisfu Syaban?


Pada malam ini pun juga terdapat banyak usulan untuk umat Muslim melaksanakan ibadah yang memang ada dasar hukumnya. Akan tetapi kita harus mengetahui terlebih dahulu kapan Nisfu Syaban akan terjadi.
Sebelumnya pihak MUI (Majelis Ulama Indonesia) pada sidang isbat telah memberitahukan mengenai awal Sya’ban dan juga Nisfu. Pada tahun 2017 ini memang sedikit bereda dengan tahun sebelumnya, bila dimana pada tahun 2016 kemarin malam pertengahan bulan Sya’ban, Ormas Islam terbesar NU dan Muhammadiyah sepakat sama, namun pada tahun ini ada pilihan namun semuanya pun akan tetap sama saja.
Jika kalian yaitu NU (Nahdlatul Ulama) maka Malam Nisfu Syaban adalah pada jumat malam, 12 Mei 2017. Inti dari Nisfu Syaban sendiri yaitu umat Islam di dunia dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sesaui yang telah di anjurkan.
Seepryi berzakat baik, bersedekah, berpuasa dan lebih giat lagi dalam bribadah kepada Allaah SWT Karena pada malam tersebut semua amalan kita selama setahun akan di tutup dan di ganti dengan catatan amal yang baru.

Malam Nisfu Sya'ban

Sementara dalam penentuan awal bulan Sya’ban baik dari NU maupun Muhammadiyah, melalui keputusan MUI  sepakat, bahwa awal Sya’ban pada tanggal 29 April 2017, sementara untuk Malam Nisfu Syaban akan jatuh pada Kamis, 11 Mei 2017 atau pada Jumat, 12 Mei 2017/1438 Hijriyah.
Setelah kita mengetahui penentuan Malam Nisfu Syaban, tidak ada rasa ragu lagi untuk melaksanakan aktivitas yan diajarkan oleh masing masing madzhab yang dianut. Dimana kesepatakan MUI menajdi pegangan bagi kita, umat Islam di tanah air.
baca: Amalan yang dilakukan pada malam nisfu Sya'ban
Terkait dengan keterangan memperingati Malam Nisfu Syaban, ada salah satu hadits dari Usamah bin Zaid yang pernah mempertanyakan kepada Nabi Muhammad SAW mengenai puasa yang paling semangat yang di lakukan oleh Rasullullah, Nabi Muhammad pun menjawab:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Bulan Sya’ban yaitu bulan diantara bulan Rajab dan bulan Ramadhan dimana menjadi bulan di dikala insan suka lali. Bulam ini yaitu bulan akan di naikkannya banyak amalan kepada Yang Mahakuasa SWT, Tuhan yang menguasai alam semesta, oleh karena itu, saya sangat suka berpuasa dikala amalanku di naikkan” HR. An-Nasa’I No.2359 Al-Hafizh (Abu Thahir mengklaim derajat hadist Hasan.

baca: Doa malam Nisfu Syaban

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watak-watake Punakawan Bahasa Jawa

Cara Mencangkok, Menempel dan Menyambung Tanaman

20 sifat wajib dan mustahil bagi allah