Unsur-unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur ekstrinsik cerpen ialah unsur yang terdapat di luar cerpen. Unsur ekstrinsik dari cerpen merupakan usur yang menjadi faktor pengarang membuat cerpen tersebut. Unsur ini sangat menghipnotis penyajian amanat dan  latar belakang dari cerpen. Unsur eksterinsik cerpen dibagi menjadi 2 yakni :

1. Latar belakang masyarakat

Unsur Ekstrinsik dalam Cerpen
Unsur Ekstrinsik Cerpen
Kondisi latar belakang masyarakat seorang penulis sangatlah kuat besar terhadap terciptanya sebuah cerita. Kondisi itu mampu berupa pengkajian Ideologi negara, kondisi politik negara, kondisi sosial masyarakat, kondisi lingkungan sekitar, hingga dengan kondisi ekonomi masyarakat.

2. Latar belakang pengarang

Latar belakang pengarang meliputi pemahaman kita terhadap sejarah hidup dan sejarah hasil karangan yang telah diciptakan. Semakin banyak karya sastra yang pernah ditulis maka semakin baik pula karya sastra tersebut. 

Latar belakang pengarang dapat dikelompokkan kedalam 3 faktor yakni:

  • Biografi, yakni riwayat hidup pengarang cerita, yang ditulis secara keseluruhan. Mulai dari jenjang pendidikan yang paling rendah hinga jenjang terahir yang telah ditamatkan.
  • Kondisi psikologis, yakni berisi mengenai pemahaman kondisi mood atau keadaan ketika seorang pengarang menulis sebuah kisah atau cerpen.
  • Aliran Sastra, seorang penulis pastinya mengikuti pemikiran sastra tertentu. Hal tersebut dapat menunjukkan pengaruh yang besar pada gaya penulisan yang dipakai oleh penulis dalam menciptakan sebuah karya sastra.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watak-watake Punakawan Bahasa Jawa

Cara Mencangkok, Menempel dan Menyambung Tanaman

20 sifat wajib dan mustahil bagi allah