Pengertian Makar

Sahabat Pencari Ilmu, Yuk kita berguru perihal Pengertian Makar. Kata makar berkembang pesat akhir-akhir ini, jawaban adanay gerakan gerakan islam damai, dan kita saat melihat televisi tidak pernah berhenti mendengar pengertian makar, sebetulnya apa makar itu?

yuk kita lihat dibawah ini



Makar Adalah

Makar aadalah suatu tindak pidana yang dikategorikan kejahatan yang dalam perspektif hukum islam disebut dengan jarimah atau jinayat yaitu aneka macam larangan hukum yang diberikan allah swt, secara singkatnya makar mampu dikatakan tindakan jahat yang dilarang oleh syariat.

baca juga: Pengertian sosialisme, Liberalisme, marxisme-komunisme, fasisme dan fundamentalisme

Apa itu Makar ?

Seperti yang saya sebutkan diatas, makar juga bis disebut nalar amis atau tipu tipu muslihat yang dilakukan seseorang dengan niat jahat atau mencelakai orang lain atau golongan tertentu.

Makar Menurut KBBI

Berikut ini arti makar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
makar1 = nalar busuk; tipu muslihat: segala — nya itu sudah diketahui lawannya; 2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya: alasannya — menghilangkan nyawa seseorang, ia dihukum; 3 perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah: ia dituduh melakukan

baca juga: Pengertian Kuasa

Contoh Makar

Dalam suatu perusahaan ada seorang karyawan yang rajin dan berprestasi, setiap tahun jabatannya naik, sehingga membuat rekan kerja diatasnya merasa gelisah takut akan di geser posisinya, maka rekan kerja tadi membuat makar bagaimana supaya karyawan berprestasi ini celaka atau menurun prestasinya.
Motif nya mampu aneka macam macam, mampu dengan menuduhnya mencuri dengan menaruh barang orang lain di mejanya, atau mampu juga dengan membuatnya terlambat rapat atau bekerja, popkoknya makarnya mampu aneka macam macam.

Bahaya Makar

Bahaya makar sendiri sudah terperinci merugikan orang lain yang tak bersalah, bayangkan kalau anda yang mengalami tipu tipu muslihat menyerupai yang saya contohkan diatas, tentu semua orang tidak akan mengalaminya bukan ?
Selain itu perbuatan Makar menyerupai ini dilarang dalam agama islam.

Baca Juga: Evolusi makhuk hidup di bumi
Saya Rasa cukup sekian dulu pembahasan mengenai makar ialah dan apa itu makar, apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share kepada sahabat yang lain, supaya sahabat yang lain juga ikut terbantu.

Terimakasih telah membaca Artikel perihal Pengertian Makar. supaya bermanfaat, Silahkan di Share yaaa!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watak-watake Punakawan Bahasa Jawa

Cara Mencangkok, Menempel dan Menyambung Tanaman

20 sifat wajib dan mustahil bagi allah