Peran dan Objek pembahasan ilmu tauhid
PENGERTIAN ILMU TAUHID
Secara bahasa, ilmu berasal dari bahasa Arabالعلم yang bermaksud mengetahui, yaitu kata masdar dari kata علم- يعلم .
Perkataan tauhid berasal dari kata arab, masdar dari kata وحد-يوحد . Secara istilah, tauhid berarti keEsa-an. Yaitu I’tikad atau keyakinan bahwa Yang Mahakuasa SWT Esa, Tunggal, Satu.
Husain affandi al-jasr berpendapat:
Ilmu tauhid ialah yang membahas hal-hal yang menetapkan aqidah agama dengan dalil-dalil yang meyakinkan .
a. Hakikat tauhid
Allah berfirman:
وما خلقث الجن والانس الا ليعبدون
“aku ciptakan jin dan insan tiada lain hanyalah untuk beribadah kepadaku“
( adz-Dzariyat : 56 )
Ketahuilah bahwa tauhid secara mutlak ialah cendekia dan mengakui keesaan Allah dan sifat-sifat-Nya yang tepat , mengikrarkan ketauhidan-Nya dengan sifat-sifat-Nya yang agung lagi mulia dan mengesakan-Nya dalam ibadah .
Ilmu tauhid ialah yang membahas hal-hal yang menetapkan aqidah agama dengan dalil-dalil yang meyakinkan .
b. Macam-macam tauhid
Macam-macam tauhid terbagi kepada tiga bagian:
1. Tauhid rububiyyah
Yaitu hendaknya hamba menyakini bahwa Yang Mahakuasa ialah Rab Yang Maha Esa, yang menciptakan, memperlihatkan rezeki dan mengatur alam dengan sendirian. Dia yang mengatur semua makhluk dengan nikmat.
2. Tauhid uluhiyyah
Dikenali dengan tauhid ibadah. Yaitu mengi’tikad dan beriman bahwa Allahsahaja yang berhak disembah dan tiada sekutu dalam penyembahannya. Dia sahaja berhak dita’ati, kepada-Nya daerah bertawakkal , berdoa dan berserah .
3. Tauhid asma wa sifat
Yaitu mengi’tikad dan beriman bahwa Yang Mahakuasa bersifat dengan sifat-sifat kesempurnaan dan Maha Suci dari segala sifat-sifat kekurangan, kelemahan dan Yang Mahakuasa mempunyai nama-nama yang layak dengan kebesarannya. Segala nama itu tidak sama dengan makhluk.
OBJEK PEMBAHASAN ILMU TAUHID
pembahasan ilmu tauhid
As-samiyyat ialah membincangkan perkara-perkara yang ghaib yang tidak dapat diketahui melainkan dengan perantaraan wahyu, menyerupai neraka, padang mahsyar dan sebagainya.
An-nubuwwah ialah membahas perihal konsep kenabian, peran dan sifat-sifatnya.
Ilahiyah ialah membahas perihal wujudnya Allah, mengenai sifat-Nya tidak bagi zat-Nya.
Komentar
Posting Komentar