Cara Membuat RPP Kurikulum K13
CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Permendikbud No. 22 th 2016
SEKOLAH : SMAN 1 KUBU BABUSSALAM
MATA PELAJARAN : INDONESIA
KELAS, SEMESTER : X, I
TAHUN PELAJARAN : 2016-2017
MATERI POKOK :MENYAMPAIKAN IDE DENGAN TEKS ANEKDOT
ALOKASI WAKTU : 3X PERTEMUAN (@ 45 menit)
LANGKAH KEDUA : BUAT TUJUAN PEMBELAJARAN
CONTOH
A Tujuan Pembelajaran:
Setelah siswa mempelajari pelajaran ini,siswa bisa mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat secara berkelompok dan setiap kelompok dapat saling berkompetisi untuk mengevaluasi teks anekdot tersebut.
LANGKAH KETIGA : BUAT KOMPETENSI DASAR (KD) PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI DASAR LETERAMPILAN
CONTOH
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
| KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
| 3.5.Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat | 4.5.Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot. |
3.5.1 | Menentukan makna yang tersirat dalam teks anekdot | 4.5.1. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan |
3.5.2 | Menjelaskan makna yangtersirat dalam teks anekdot | |
3.5.3 | Menerapkan makna yang tersirat dalam teks anekdot | |
3.5.4 | Menegaskan makna yang tersirat dalam teks anekdot | |
3.5.5 | Menyimpulkan makna yang tersirat dalam teks anekdot | |
KETERANGAN: KOMPETENSI DASAR 3.5 MERUPAKAN (KD) PENGETAHUAN SEDANGKAN KOMPETENSI DASAR 4.5 ADALAH (KD) KETERAMPILAN
3.5.1. SAMPAI DENGAN 3.5.5. MERUPAKAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI(IPK) KOMPETENSI DASAR. SEDANGKAN 4.5.1 MERUPAKAN (IPK) DARI KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
LANGKAH KE EMPAT : BUAT LAH URAIAN MATERI PEMBELAJARAN YANG AKAN DISAMPAIKAN SECARA SISTEMATIS
CONTOH:
C. Materi Pembelajaran
®Teks Anekdot (terlampir)
D. Metode Pembelajaran
®Model pembelajaran : Team Game Tournament (Pertemuan I dan II)
® Metode pembelajaran :kooperatif, Ceramah, Diskusi dan berkompetisi antar kelompok
E. Media Pembelajaran
Melihat tayangan teks anekdot mengunakan infocus/proyektor
F. Sumber Belajar: Buku Paket Bahasa Indonesia Kemendikbud RI th. 2016 SMA, MA, SMK, MAK Kelas X
PERTEMUAN I
IPK: 3.5.1. Menentukan makna yang tersirat dalam teks anekdot
3.5.2. Menjelaskan makna yang tersirat dalam teks anekdot
KETERANGAN : JELASKAN MATERI PEMBELAJARAN PADA PERTEMUAN PERTAMA YANG AKAN DISAMPIKAN ADALAH IPK 3.5.1 SAMPAI 3.5.2.
LANGKAH KE LIMA: BUATLAH LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN BAIK KEGIATAN YANG AKAN DISAMPAIKAN GURU MAUPUN KEGIATAN YANG AKAN DILAKSANAKAN PESERTA DIDIK
CONTOH
G. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan: (15 menit)
Apersepsi:
Mengkondisikan siswa; memberi salam, mengabsen
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai bahan ini dengan baik, agar siswa bisa mengevaluasi teks anekdot dan bisa menjelaskan apa makna tersirat dari sebuat teks anekdot.
2. Kegiatan Inti( 55 menit)
KEGIATAN GURU | KEGIATAN SISWA |
1. Memberi petunjuk wacana bahan pembelajaran | Mendengarkan dengan aktif |
2. Membagi kelompok dalam tim | Membentuk kelompok dalam tim game tournament |
3. Memberikan berita tentang materi | siswa mendengarkan penjelasan guru |
4. guru mengarahkan siswa saling berkerjasama dan saling berkompetisi dalam menyelesaikan jawaban | Mendengarkan penjelaskan tentang langkah-langkah model pembelajaran team game tournament. |
5. Guru menayangkan soal wajib dan soal rebutan kemudian mengamati acara siswa | Setiap tim menjawab soal wajib dan soal rebutan pada babak penyisihan wacana teks anekdot, guru menjumlahkan poin yang diperoleh tiap kelompok. Bagi tiga kelompok yang memperoleh poin tertinggi berhak maju pada babak final. |
6. Guru mengumumkan tim yang berhasil memenangkan game pada bahan mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat | Setiap tim pemenang pada game tournament ini berhak menerima penghargaan. |
LANGKAH KE ENAM: BUATLAH KESIMPULAN ATAU KEGIATAN PENUTUP
CONTOH
3. Kegiatan Penutup (20 menit)
®. Guru mengadakan pengesahan pemenang dari game tournament ini
®. Guru tolong-menolong dengan siswa mengadakan refleksi terhadap bahan pelajaran yang sudah di pelajari
®. Guru mengimformasikan bahan pembelajaran selanjutnya
Komentar
Posting Komentar