kumpulan soal bahasa indonesia kelas x SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X (Sepuluh)
Waktu : 90 Menit
A. Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Anda Anggap Benar
1. Untuk mengetahui isi info berkenaan dengan waktu terjadinya peristiwa, kata bantu tanya yang digunakan sesuai rumus 5W+1H adalah....
A. Bagaimana C. Apa E. Di mana
B. Kapan D. Siapa
2. Kritik yang membangun dapat diberikan kepada sahabat dengan tujuan untuk....
A. Perbaikan C. Melemahkan E. Memuji
B. Menghancurkan D. Mengkritisi
3. Untuk menawarkan kritik atau pertolongan terhadap pendapat orang lain kita menawarkan bukti atau fakta –fakta yang sempurna agar....
A. Gagasan (opini) kita dapat dipuji orang lain
B. Gagasan (opini) kita dapat meyakinkan orang lain
C. Gagasan (opini) kita dapat besar lengan berkuasa baik
D. Gagasan(opini) kita dapat diganggu gugat
E. Gagasan(opini) kita dapat didengarkan
4. Paragraf yang bertujuan meyakinkan pembaca disertai alasan dan bukti yang logis disebut....
A. Narasi C. Eksposisi E. Argumentasi
B. Persuasi D. Deskripsi
5. Daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data informasi, yang bahasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara sistematis urut ke bawah di lajur, dan berderet tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah simak disebut....
A. Data C. Tabel E. Grafik
B. Diagram D. Gambar informasi
6. Gambar yang terdiri atas garis vertikal dan garis horizontal dimana kedua garis tersebut akan bertemu dan membentuk sebuah titik potong disebut....
A. Grafik C. Fakta E. Denah
B. Tabel D. Peta
7. Paragraf argumentasi biasanya disertai dengan....
A. Data dan kesimpulan C. Data dan ajakan E. Bukti dan alasan
B. Data dan rekaan D. Rekaan dan kesimpulan
Kutipan cerpen berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 8-10
Tatkala saya masuk sekolah mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, menduga saya anak belanda. Aku pun bertmbah lama bertambah percaya pula bahwa saya anak belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang renta ku yang berupaya sepenuh daya beradaptasi dengan langgam lenggok orang belanda.
“ kenang-kenangan” oleh Abdul Gani A.K
8. Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam penggalam tersebut adalah....
A. Orang pertama dan ketiga C. Orang ketiga serba tau E. Orang ketiga pelaku utama
B. Orang ketiga pelaku sampingan D. Orang pertaa pelaku utama
9. Watak tokoh “aku” dalam penggalan dongeng tersebut adalah....
A. Mudah dipengaruhi C. Sombong E. Percaya diri
B. Rajin berusaha D. Mudah menyesuaikan diri
10. Amanat dalam penggalan cerpen tersebut adalah....
A. Jangan cepat menyerahpada keadaan bagaimanapun juga
B. Jangan membuang waktu selagi masih ada waktu
C. Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan
D. Jangan lupa jikalau diri menguasai bahasa orang lain
E. Jangan mudah dipengaruhi olehorang lain
11. Karangan yang bertujuan membujuk pembaca semoga mau berbuat sesuatu sesuai dengan impian pengarang atau penulis disebut paragraf....
A. Eksposisi C. Argumentasi E. Persuasif
B. Narasi D. Deskripsi
12. Tempat, waktu, dan kondisi yang melatarbelakangi peristiwa/kejadian dalam dongeng rakyat merupakan unsur intrinsik yang disebut....
A. Tema C. Amanat E. Budaya
B. Latar D. Alur
13. Memahami informasi yang berasal dari tuturan eksklusif berarti melatih keterampilan....
A. Menulis C. Menganalisis E. Mendengarkan
B. Mengamati D. Berkomentar
14. Hikayat merupakan salah satu karya sastra Melayu Klasik berbentuk ....
A. Prosa C. Naratif E. Puisi
B. Deskriptif D. Pantun
15. Karangan yang bertujuan membuju pembaca semoga mau berbuat sesuatu sesuai dengan impian pengarang
atau penulis disebut karangan....
A. Eksposisi C. Argumentasi E. Persuasif
B. Narasi D. Deskripsi
B. Pasangkanlah Pernyataan Di Sebelah Kiri Degan Pernyataan Disebelah Kanan Hingga Terbentuk Sebuah Pengertian Yang Benar
1.Karya sastra yang menceritakan sebagian kehidupan yang luar biasa A. Alur
2.Membaca dengan menganalisis materi bacaan secara teliti dan mendalam B. Informasi langsung
3.Kejadian yang diceritakan disampaikan dengan urutan waktu C. Pola umum khusus
4.Kalimat konjungsi ini menyatakan adanya hal atau peristiwa lain D.Membaca Intensif
5.Bagian kalimat yang menduduki satu fungsi atau jabatan dalam kalimat E. Narasi
6.Kejadian yang diceritakan disusun mengikuti bab dari suatu kawasan F.Klausa
7.Rangkaian peristiwa-peristiwa dalam suatu cerita G. Membaca Reguler
8.Landasan dongeng yang menyangkut segala persoalan H. Pola proses
9.Paragraf yang menjelaskan peristiwa berdasarkan urutan waktu I. Membaca ekstensif
10.Informasi tanpa mengalami perubahan penceritaan kembali J. Pola umum khusus
11.Membaca dengan melihat sekilas bagian-bagian teks K.Prosa lama
12.Cara pengarang menunjukan huruf tokohnya L. Selain itu
13.Membaca baris demi baris dengan tujuan memahami teks M.Pola spasial
14.Jenis karya sastra ini terdiri dari hikayat dan dongeng berbingkai N. Tema
15.pola pengembangan karangan menuliskan urutan tindakan-tindakan O. Membaca skimming
P. Frasa
C. Essay
1. Tuliskanlah kemudian jelaskan 5 jenis roman (poin balasan 5)
2. Tuliskanlah kemudian jelaskan 5 jenis paragraf (poin balasan 10)
3. Tuliskanlah 4 cara mengeritik yang baik (poin balasan 5)
4. Tuliskanlah kemudian jelaskan ihwal tumpuan pengembangan karangan proses (poin balasan 5)
5. Tuliskanlah paragraf narasi (tema “Aku Tau Ibu Menyayangiku”) dengan tumpuan pengembangan karangan umum-khusus, karangan minimal 15 baris penuh.(poin balasan 15)
Komentar
Posting Komentar