RPP DAN EVALUASINYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Sekolah                           :  Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              :  Fiqih
Kelas/Semester            :  V / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi
1.      Mengenal  ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram

B.   Kompetensi Dasar
1.1    Menjelaskan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram

C.   Tujuan Pembelajaran :
§  Menyebutkan arti makanan minuman haram
§  Secara bergantian menyebutkan pola makanan / minuman halal
§  Secara bergantian menyebutkan pola makanan / minuman haram


D.   Materi Pembelajaran
§  Pengertian makanan / minuman halal
§  Pengertian makanan / minuman haram

E.   Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§  Appersepsi, mengajukan pertanyaan ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai bahan ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram.
§  Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi:
-        Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram.
-        Siswa menyebutkan macam – macam makanan yang halal dan haram

b.      Elaborasi:
-        Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram
-        Guru melaksanakan tanya jawab ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram.
-        Guru menggali pengalaman siswa melalui bacaan dengan tema makanan dan minuman yang halal dan haram
-        Meminta siswa untuk membaca dalil ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram.
c.       Konfirmasi:
-        Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram

  1. Kegiatan Penutup
a.      Guru menunjukkan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan bahan ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram
b.      Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa ihwal bahan makanan dan minuman yang halal dan haram
c.       Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.   Alat/Sumber Belajar
1.    Buku Fiqih Kelas V Aneka Ilmu
2.    LKS fiqih kelas V
3.    Kitab Fikih

H.   Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan pengertian makanan / minuman halal dan haram
§  Menyebutkan pola makanan / minuman halal dan haram
§  Menyebutkan cirri-ciri  makanan / minuman
§  Membiasakan mengkonsum-si makanan / minuman halal dan haram

Tes Tulis
Uraian

§  Jelaskan pengertian makanan / minuman halal dan haram!
§  Sebutkan pola makanan / minuman halal dan haram!
§  Sebutkan cirri-ciri makanan / minuman yang halal dan haram!





Mengetahui
Kepala Madrasah



Kastowo s.ag


Pati  , 20 juli 2011
Guru bidang studi Fiqih



Zamaq irfan




*       ANALISIS RPP
Rencana pembelajaran haruslah direncanakan secara baik dan benar sehingga pembelajaran dapt berjalan secara efektif dan efisien sehingga pembelajaran tersebut dapat mencapai SK dan KD yang telah ditentukan.
Langsung saja ihwal pemilihan RPP yang saya buat masih banyak kendala dan kekurangan tetapi dalam RPP ini saya sudah memaksimalkan dalam pembelajaran supaya SK dan KD yang ada dapat terwujud. Memang waktu yang ada hanya 35 menit digunakan untuk proses pembelajaran masih kurang tetapi kalau pembelajaran tersebut dilakukan dengan menyenangkan sehinga mampu menarik daya berguru siswa sehingga pembelajaran tersebut mampu mengena di kognitif dan psikomotorik siswa serta afektifnya.
Kemudian ihwal metode pembelajaran yang saya aplikasikan pada siswa memang hanya 3 dengan memprioritaskan tanya jawab, mengapa? Karena, topik yang berjudul makanandan minuman yang halal dan haram, yang sudah tidak ajaib bagi mereka sehingga menjelaskan apa, ciri-ciri makanan yang halal dan harampun cuma sedikit, tetapi dengan menjelaskan ketentuan-ketentuan ihwal makanan dan minuman yang halal dan haram yang sesuai dengan KD ” Menjelaskan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram”. Sehingga ketentuan-ketentuannya dapat mereka baca sendiri dan disuruh menyebutkan makanan dan minuman yang halal dan haram yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut.
Media pembelajaran yang digunakan dalam PBM ini dengan membawa makanan yang halal, contoh, permen, sosis dll. Walaupun pola ini sangat sederhana tetapi dengan media yang lucu ini para siswa dapat mengingat-ingat, dan disela memberi pola makanan ini siswa diberi nasihat, ”walaupun makan halal tetapi kalau didapatnya dengan haram maka makanan tersebut menjadi haram, pola sosis ini halal tetapi mendapatkannya dengan mencuri atau menodong sahabat maka sosis ini haram, dan pola yang lain” kemudian pola atau media yang digunakan ini diberikan pada anak yang dapt menjawab pertanyaan dari guru. Sehingga pembelajaran yang menyerupai ini dapat menyenangkan dan menarik siswa.
Pendahuluan dengan cara salam dapat membiasakan siswa tuk mengucapkan salam dikala masuk ruangan baik kelas maupun rumah, dan berdo’a dapat mengajari siswa supaya awal akan melaksanakan hal yang baik dimulai dengan berdoa. Kemudian guru menyapa siswa aktivitas awal yang menyerupai ini dapat memulai jalinan silaturahmi antara guru dan murid dan juga dapat melihat kekompakan semua murid.
Kegiatan inti dalam pembelajaran sesuai dengan RPP, siswa dalam pembelajarn ini dituntut mempunyai buku dan dapat membaca guna mengetahui pengertian, ciri-ciri dan pola makanan dan minuman yang halal dan haram. Dan juga dapat menulis sehingga pada sesi tanya jawab murid dapat menyebutkan makanan dan minuman yang halal dan haram dengan menulisnya terlebih dahulu dan menyebutkan dengan berbicara siswa yang satu dan lainnya tidak boleh sama sehingga yang ditulis tadi harus banyak. Tidak lupa dalam pembelajaran agama siswa juga diwajibkan untuk mampu membaca goresan pena arab, supaya dalam menyebutkan dalil ihwal tema mampu menjawab dan melafalkan. Yang paling wajib yaitu peran guru unutk mengajari muridnya untuk membaca arab, kalau guru agama tidak mampu membaca arab maka tidak usalah menjadi guru agama.
Akhir pembelajaran guru tidak lupa menjelaskan kembali ihwal bahan yang sudah dipelajari, dan siswa disuruh untuk menulis dan menyalin bahan yang diajarkan beserta pola dan ciri makanan minuman yang halal dan haram. Sehingga goresan pena ini dapat dipelajarinya dan dapat menjawab pertanyaan guru dalam pertemuan yang selanjutnya pada sesi awal yang akan datang.
Buku yang dapt dijadikan panduan dalam pembelajaran ini tidak perlu banyak tetapi materinya dalam buku satu haurs lengkap.
Penilaian atau peran yang diberikan menyerupai pola diatas sudah mencapai SK dan KD termasuk juga sudah mencapai tujuan pembelajaran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watak-watake Punakawan Bahasa Jawa

Cara Mencangkok, Menempel dan Menyambung Tanaman

20 sifat wajib dan mustahil bagi allah