Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul, Nabi atau Rasul memiliki 4 sifat wajib yang harus diketahui oleh umat Islam, dan juga memiliki 4 sifat mustahil atau tidak mungkin dimiliki oleh rasul, silahkan perhatikan artikel dibawah ini 
Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul
Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul


A. Sifat Wajib bagi Rasul

Sifat Wajib bagi Rasul ada 4, Sidiq, Amanah, Tablig dan Fatanah. penjelasannya

1. SIDDIQ

Siddiq merupakan sifat wajib bagi Nabi dan Rasul. Siddiq artinya Jujur. Setiap yang dikatan oleh Nabi dan Rasul semuanya benar tidak mungkin bohong.

2.      AMANAH

Amanah dimiliki oleh para Nabi dan Rasul. Amanah yang artinya dapat dipercaya. Kaprikornus setiap nabi dan rasul pasti mempunyai sifat dapat dipercya.

3.      TABLIG

Tablig yakni sifat wajib bagi Nabi dan Rasul yang mempunyai arti Menyampaikan. Oleh risikonya Nabi dan Rasul memberikan semua yang didapatkannya dari Allah. Untuk Sifat ini ada perbedaan penjelasan yang pertama Tablig hanya untuk Rasul sebab peran Rasul yakni memberikan Wahyu yang didapatkan dari Allah, pendapat kedua Sifat Tablig ini tidak dimiliki oleh Nabi sebab Nabi menerima wahyu dari Tuhan untuk dirinya sendiri. itulah perbedaan pendapat wacana sifat Tablig yang dimiliki oleh Mabi atau Rasul.  (baca Perbedaan Nabi dan Rasul)

4.      FATANAH

Sifat Fatanah artinya Cerdas. Setiap Nabi dan Rasul memiliki sifat cerdas sebab sebagai pola bagi umatnya.

B. Sifat Mustahil Bagi Rasul

Selain sifat wajib badi Rasul, umat islam juga harus mengetahui sifat mustahil / yang tidak mungkin dimiliki noleh Nabi dan Rasul.

1. KIZIB

Kizib yakni sifat mustahil bagi rasul dan Nabi yang artinya Bohong. Kaprikornus tidak munkin jikalau Nabi dan Rasul mempunyai sifat Pembohong.

2. KHIANAT

Khianat artinya tidak dapat dipercaya, maka Nabi dan Rasul wajib dipercayai oleh kaumnya.

3. KITMAN

Sifat kitman berati menyembunyikan, jadi apa yang didapatkan oleh Nabi dan rasul pasti akan disampaikan kpeada Umatnya tidakmungkin Nabi dan Rasul Menyembunyikan apa yang didapatkannya dari Tuhan SWT.

4. BALADAH


Baladah yakni sifat terahir yang tdak mungkin dimiliki oleh seorang Nabi dan Rasul. Baladah yang berati bodoh.


Demikian penjelasan wacana Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul, biar bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watak-watake Punakawan Bahasa Jawa

Cara Mencangkok, Menempel dan Menyambung Tanaman

20 sifat wajib dan mustahil bagi allah